Rabu, 26 November 2014
On 19.27 by Unknown in Edukasi No comments
NAMA : M TEDDY
KURNIAWAN
NRP : 122050012
MATA
KULIAH : CYBER MEDIA
SEJARAH
SOSIAL MEDIA INSTAGRAM
Nama
Instagram
Instagram berasal dari pengertian dari keseluruhan
fungsi aplikasi ini. Kata "insta" berasal dari kata
"instan", seperti kamera polaroid yang pada masanya lebih dikenal
dengan sebutan "foto instan". Instagram juga dapat menampilkan
foto-foto secara instan, seperti polaroid di dalam tampilannya. Sedangkan untuk
kata "gram" berasal dari kata "telegram" yang cara kerjanya
untuk mengirimkan informasi kepada orang lain dengan cepat. Sama halnya dengan
Instagram yang dapat mengunggah foto dengan menggunakan jaringan Internet,
sehingga informasi yang ingin disampaikan dapat diterima dengan cepat. Oleh
karena itulah Instagram merupakan lakuran dari kata instan dan telegram.
Instagram adalah sebuah aplikasi berbagi foto yang memungkinkan pengguna mengambil foto, menerapkan filter digital, dan membagikannya ke berbagai layanan jejaring sosial, termasuk milik Instagram sendiri. Satu fitur yang unik di Instagram adalah memotong foto menjadi bentuk persegi, sehingga terlihat seperti hasil kamera Kodak Instamatic dan polaroid. Hal ini berbeda dengan rasio aspek 4:3 yang umum digunakan oleh kamera pada peranti bergerak.
Perusahaan
Burbn, Inc. berdiri pada tahun 2010, perusahaan teknologi startup yang hanya
berfokus kepada pengembangan aplikasi untuk telepon genggam. Pada awalnya
Burbn, Inc. sendiri memiliki fokus yang terlalu banyak di dalam HTML5 peranti
bergerak, namun kedua CEO, Kevin Systrom dan Mike Krieger memutuskan untuk
lebih fokus pada satu hal saja. Setelah satu minggu mereka mencoba untuk
membuat sebuah ide yang bagus, pada akhirnya mereka membuat sebuah versi
pertama dari Burbn, namun di dalamnya masih ada beberapa hal yang belum
sempurna. Versi Burbn yang sudah final, aplikasi yang sudah dapat digunakan
iPhone yang isinya terlalu banyak dengan fitur-fitur. Sulit bagi Kevin Systrom
dan Mike Krieger untuk mengurangi fitur-fitur yang ada, dan memulai lagi dari awal,
namun akhirnya mereka hanya memfokuskan pada bagian foto, komentar, dan juga
kemampuan untuk menyukai sebuah foto. Itulah yang akhirnya menjadi Instagram.
TUTORIAL
Pengikut
Sistem sosial di dalam Instagram adalah dengan
menjadi mengikuti akun pengguna lainnya, atau memiliki pengikut Instagram.
Dengan demikian komunikasi antara sesama pengguna Instagram sendiri dapat
terjalin dengan memberikan tanda suka dan juga mengomentari foto-foto yang
telah diunggah oleh pengguna lainnya. Pengikut juga menjadi salah satu unsur
yang penting, dan jumlah tanda suka dari para pengikut sangat mempengaruhi
apakah foto tersebut dapat menjadi sebuah foto yang populer atau tidak. Untuk
menemukan teman-teman yang ada di dalam Instagram, dapat menggunakan teman-teman
mereka yang juga menggunakan Instagram melalui jejaring sosial seperti Twitter
dan juga Facebook.
Mengunggah
Foto
Kegunaan utama dari Instagram adalah sebagai tempat
untuk mengunggah dan berbagi foto-foto kepada pengguna lainnya. Foto yang ingin
diunggah dapat diperoleh melalui kamera iDevice ataupun foto-foto yang ada di
album foto di iDevice tersebut.
Kamera
Foto yang telah diambil melalui aplikasi Instagram
dapat disimpan di dalam iDevice tersebut. Penggunaan kamera melalui Instagram
juga dapat langsung menggunakan efek-efek yang ada, untuk mengatur pewarnaan
dari foto yang dikehendaki oleh sang pengguna. Ada juga efek kamera tilt-shift
yang fungsinya adalah untuk memfokuskan sebuah foto pada satu titik tertentu.
Setelah foto diambil melalui kamera di dalam Instagram, foto tersebut juga
dapat diputar arahnya sesuai dengan keinginan para pengguna.
Foto-foto yang akan diunggah melalui Instagram tidak
terbatas atas jumlah tertentu, namun Instagram memiliki keterbatasan ukuran
untuk foto. Ukuran yang digunakan di dalam Instagram adalah dengan rasio 3:2
atau hanya sebatas berbentuk kotak saja. Para pengguna hanya dapat mengunggah
foto dengan format itu saja, atau harus menyunting foto tersebut terlebih
dahulu untuk menyesuaikan format yang ada. Setelah para pengguna memilih sebuah
foto untuk diunggah di dalam Instagram, maka pengguna akan dibawa ke halaman
selanjutnya untuk menyunting foto tersebut.
Efek
foto
Pada versi awalnya, Instagram memiliki 15 efek foto
yang dapat digunakan oleh para pengguna pada saat mereka hendak menyunting
fotonya. Efek tersebut terdiri dari: X-Pro II, Lomo-fi, Earlybird, Sutro,
Toaster, Brannan, Inkwell, Walden, Hefe, Apollo, Poprockeet, Nashville, Gotham,
1977, dan Lord Kelvin. Pada tanggal 20 September 2011, Instagam telah
menambahkan 4 buah efek terbaru, yaitu Valencia, Amaro, Rise, Hudson, dan
menghapus 3 efek, Apollo, Poprockeet, dan Gotham. Dalam pengaplikasian efek,
para pengguna juga dapat menghilangkan bingkai-bingkai foto yang sudah termasuk
di dalam efek tersebut.
Fitur lainnya yang ada pada bagian penyuntingan
adalah tilt-shift yang fungsinya sama dengan efek kamera melalui Instagram,
yaitu untuk memfokuskan satu titik pada sebuah foto, dan sekelilingnya menjadi
buram. Dalam penggunaannya aplikasi tilt-shift memiliki 2 bentuk, yaitu persegi
panjang dan bulat. Kedua bentuk tersebut dapat diatur besar dan kecilnya dengan
titik fokus yang diinginkan. Tilt-shift juga mengatur rupa foto di sekeliling
titik fokus tersebut, sehingga para pengguna dapat mengatur tingkat keburaman
pada sekeliling titik fokus di dalam foto tersebut.
Judul
foto
Setelah foto tersebut disunting, maka foto akan
dibawa ke halaman selanjutnya, dan foto tersebut akan diunggah ke dalam
Instagram ataupun ke jejaringan sosial lainnya. Di dalamnya tidak hanya ada
pilihan untuk mengunggah pada jejaring sosial atau tidak, tetapi juga untuk
memasukkan judul foto, dan menambahkan lokasi foto tersebut. Sebelum mengunggah
sebuah foto, para pengguna dapat memasukkan judul untuk menamai foto tersebut
sesuai dengan apa yang ada dipikiran para pengguna. Judul-judul tersebut dapat
digunakan pengguna untuk menyinggung pengguna Instagram lainnya dengan mencantumkan
nama akun dari orang tersebut. Para pengguna juga dapat memberikan label pada
judul foto tersebut, sebagai tanda untuk mengelompokkan foto tersebut di dalam
sebuah kategori.
Arroba
Seperti Twitter dan juga Facebook, Instagram juga
memiliki fitur yang dapat digunakan penggunanya untuk menyinggung pengguna
lainnya dengan manambahkan tanda arroba (@) dan memasukkan nama akun Instagram
dari pengguna tersebut. Para pengguna tidak hanya dapat menyinggung pengguna
lainnya di dalam judul foto, melainkan juga pada bagian komentar foto. Pada
dasarnya penyinggungan pengguna yang lainnya dimaksudkan untuk berkomunikasi
dengan pengguna yang telah disinggung tersebut.
Label
foto
Sebuah label dalam Instagram adalah sebuah kode yang
memudahkan para pengguna untuk mencari foto tersebut dengan menggunakan
"kata kunci". Bila para pengguna memberikan label pada sebuah foto,
maka foto tersebut dapat lebih mudah untuk ditemukan. Label itu sendiri dapat digunakan
di dalam segala bentuk komunikasi yang bersangkutan dengan foto itu sendiri.
Para pengguna dapat memasukkan namanya sendiri, tempat pengambilan foto
tersebut, untuk memberitakan sebuah acara, untuk menandakan bahwa foto tersebut
mengikuti sebuah lomba, atau untuk menandakan bahwa foto tersebut dihasilkan
oleh anggota komunitas Instagram. Foto yang telah diunggah dapat dicantumkann
label yang sesuai dengan informasi yang bersangkutan dengan foto. Pada saat
ini, label adalah cara yang terbaik jika pengguna hendak mempromosikan foto di
dalam Instagram.
Perlombaan
Sebagai sebuah media untuk mengunggah foto, salah
satu kegunaan dari Instagram adalah sebagai ajang lomba fotografi. Di dalam
perlombaan ini, para penyelenggara lomba menggunakan tanda label untuk menandakan
bahwa foto yang telah diunggah tersebut telah mengikuti lomba tersebut. Sebuah
perlombaan foto melalui Instagram adalah salah satu cara untuk membuat sebuah
produk lebih dikenal oleh masyarakat luas. Penyelenggara juga memberikan jangka
waktu tertentu agar makin banyak pengguna dari Instagram yang mengikuti
perlombaan tersebut. Pada umumnya, perlombaan yang diadakan melalui Instagram
ini tidak hanya memberikan hadiah, melainkan juga dengan menjadi pemenang maka
akan lebih dikenal lagi di dalam dunia Instagram oleh para pengguna lainnya.
Hal ini memungkinkan pengikut dari pengguna Instagram tersebut akan bertambah
banyak.
Geotagging
Setelah memasukkan judul foto tersebut, bagian
selanjutnya adalah bagian Geotag. Bagian ini akan muncul ketika para pengguna
iDevice mengaktifkan GPS mereka di dalam iDevice mereka. Dengan demikian
iDevice tersebut dapat mendeteksi lokasi para pengguna Instagram tersebut
berada. Geotagging sendiri adalah identifikasi metadata geografis dalam situs
web ataupun foto. Dengan Geotag, para penguna dapat terdeteksi lokasi mereka
telah mengambil foto tersebut atau tempat foto tersebut telah diunggah.
Jejaring
sosial
Dalam berbagi foto, para pengguna juga tidak hanya
dapat membaginya di dalam Instagram saja, melainkan foto tersebut dapat dibagi
juga melalui jejaring sosial lainnya seperti Facebook, Twitter, Foursquare,
Tumblr, dan Flickr yang tersedia di halaman Instagram untuk membagi foto
tersebut.
Tanda
suka
Instagram juga memiliki sebuah fitur tanda suka yang
fungsinya memiliki kesamaan dengan yang disediakan Facebook, yaitu sebagai
penanda bahwa pengguna yang lain menyukai foto yang telah diunggah. Berdasarkan
dengan durasi waktu dan jumlah suka pada sebuah foto di dalam Instagram, hal
itulah yang menjadi faktor khusus yang mempengaruhi foto tersebut terkenal atau
tidak. Namun jumlah pengikut juga menjadi salah satu unsur yang penting membuat
foto menjadi terkenal. Bila sebuah foto menjadi terkenal, maka secara langsung
foto tersebut akan masuk ke dalam halaman popular tersendiri.
Popular
Bila sebuah foto masuk ke dalam halaman popular,
yang merupakan tempat kumpulan dari foto-foto popular dari seluruh dunia pada
saat itu. Secara tidak langsung foto tersebut akan menjadi suatu hal yang
dikenal oleh masyarakat mancanegara, sehingga jumlah pengikut juga dapat
bertambah lebih banyak. Foto-foto yang berada di halaman popular tersebut tidak
akan seterusnya berada di halaman tersebut, melainkan dengan berjalannya waktu
akan ada foto-foto popular baru lain yang masuk ke dalam daftar halaman dan
menggeser posisi kepopuleran foto tersebut.
Peraturan
Instagram
Sebagai tempat untuk mengunggah foto-foto dari
masyarakat umum, ada beberapa peraturan tersendiri dari Instagram, agar para
pengguna tidak mengunggah foto-foto yang tidak sesuai dengan peraturan.
Peraturan yang paling penting di dalam Instagram adalah pelarangan keras untuk
foto-foto pornografi, dan juga mengunggah foto pengguna lain tanpa meminta izin
terlebih dahulu. Bila ada salah satu foto dari akun yang terlihat sama oleh
pengguna lainnya, makan pengguna tersebut memiliki hak untuk menandai foto
tersebut dengan bendera atau melaporkannya langsung kepada Instagram.
Penandaan
foto dengan bendera
Menandai foto dengan sebuah bendera berfungsi bila
pengguna ingin melakukan pengaduan terhadap penggunaan Instagram lainnya. Hal
ini dilakukan bila sebuah foto mengandung unsur pornografi, ancaman, foto
curian ataupun foto yang memiliki hak cipta. Dalam menandai sebuah foto dengan
bendera (flagging), informasi mengenai pihak yang telah menandainya akan tetap
dijaga kerahasiaannya. Para pengguna lainnya juga dapat melaporkan foto yang
bukan milik mereka di saat menemukan suatu foto dengan pelanggaran-pelanggaran
yang sama
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Search
Popular Posts
-
Haii, kali ini , untuk ketiga kalinya aku akan menceritakan seputar perjalanan bersama sahabat-sahabatku melakukan pendakian gunung m...
-
Muhamad Teddy Kurniawan Assalamu’alaikum Wr. Wb. Segala pujian bagi Allah SWT yang menguasai sekalian alam, kami haturkan yang...
-
NAMA : M TEDDY KURNIAWAN NRP : 122050012 MATA KULIAH : CYBER MEDIA 1. ...
-
Nama : M Teddy Kurniawan Nrp : 122050012 Mata Kuliah : Cyber Media Jurusan : Ilmu Komunikasi Kes...
-
NAMA : M TEDDY KURNIAWAN NRP : 122050012 MATA KULIAH : CYBER MEDIA Hard News Tak Kapok Meski ada Razia KEDIRI-Bupati Kedir...
Blog Archive
Diberdayakan oleh Blogger.
0 komentar:
Posting Komentar