Nama aku Muhamad Teddy Kurniawan, biasa dipanggil "Teddy". Aku Berkuliah Di Universitas Pasundan Bandung, Jurusan Ilmu Komunikasi, Jurnalistik . Aku Berasal dari Sebuah kota Kecil yaitu Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau . Aku orang Melayu Asli . :-D

ads

Selasa, 30 Desember 2014

On 02.14 by Unknown in    No comments
Nama : M Teddy Kurniawan
NRP  : 122050012
Mata Kuliah : Cyber Media

Konvergensi Media Dalam Dunia Cyber Masa Kini

PENGERTIAN
           Pengertian Convergence atau Konvergensi secara harfiah adalah dua benda atau lebih bertemu/bersatu di suatu titik; pemusatan pandangan mata ke suatu tempat yang amat dekat. Secara umum, konvergensi adalah penyatuan berbagai layanan dan teknologi komunikasi serta informasi (ICTS – Information and Communication Technology and Services). Dalam arti paling umum, konvergensi berarti runtuhnya penghalang lama yang sebelumnya memisahkan ICTS antara industri dan industri, antara aplikasi dan aplikasi, antara produser dan konsumen, antara negara dan negara.Masing-masing mempengaruhi kepemilikan minoritas, penggunaan dan akses teknologi informasi (IT) dengan berbagai cara.
Teknologi informasi mutakhir telah berhasil menggabungkan sifat-sifat teknologi telekomunikasi konvensional yang bersifat massif dengan teknologi komputer yang bersifat interaktif. Fenomena ini lazim disebut sebagai konvergensi, yakni bergabungnya media telekomunikasi tradisional dengan internet sekaligus. Konvergensi menyebabkan perubahan radikal dalam penanganan, penyediaan, distribusi dan pemrosesan seluruh bentuk informasi baik visual, audio, data dan sebagainya (Preston, 2001). Kunci dari konvergensi adalah digitalisasi, kerena seluruh bentuk informasi maupun data diubah dari format analog ke format digital sehingga dikirim ke dalam satuan bit (binary digit). Karena informasi yang dikirim merupakan format digital, konvergensi mengarah pada penciptaan produk-produk yang aplikatif yang mampu melakukan fungsi audiovisual sekaligus komputasi. Maka jangan heran jika sekarang ini komputer dapat difungsikan sebagai pesawat televisi, atau telepon genggam dapat menerima suara, tulisan, data maupun gambar tiga dimensi (3G).

Dasar terbentuknya Konvergensi Media
John Fiske dalam bukunya Cultural and Communication Studies mengungkapkan kode-kode digital lebih mudah dipahami karena unit-unitnya dibedakan dengan jelas, berlainan dengan kode-kode analog yang bekerja dalam suatu skala kontinu. Jadi tidaklah heran jika dalam orientasi perkembangan peradaban manusia mengarah pada proses digitalisasi atau dengan kata lain proses menuju kemudahan, kelengkapan, dan kecepatan dalam mendapatkan dan memahami berbagai informasi.
Dari sisi bisnis, digitalisasi menjanjikan efisiensi biaya yang cukup signifikan dengan area cakupan yang lebih luas, kualitas pelayanan yang lebih baik dan mampu melayani pengguna jasa media berdasarkan kebutuhan mereka. Namun yang jauh lebih penting adalah digitalisasi mampu mendesak kelahiran beragam kreativitas dalam penyajian konten sehingga area cakupan bisnis dapat lebih diperluas.

Menurut Jonathan Parapak dari Universitas Pelita Harapan, tahapan perkembangan paradigma ini menjadi 3 tahapan proses, yaitu automatisasi, integrasi, dan kolaborasi. Mayoritas pelaku di kawasan ini berada di antara automatisasi dan integrasi, sementara hanya sebagian kecil yang telah mencapai tahap di antara integrasi dan kolaborasi.

Boardband
Jalur lebar atau pita lebar (broadband) merupakan sebuah istilah dalam internet yang merupakan koneksi internet transmisi data kecepatan tinggi. Ada dua jenis jalur lebar yang umum, yaitu DSL dan kabel modem, yang mampu mentransfer 512 kbps atau lebih,kira-kira 9 kali lebih cepat dari modem yang menggunakan kabel telepon standar.

VPN
VPN (Virtual Private Network) adalah sebuah koneksi Virtual yang bersifat privat mengapa disebut demikian karena pada dasarnya jaringan ini tidak ada secara fisik hanya berupa jaringan virtual dan mengapa disebut privat karena jaringan ini merupakan jaringan yang sifatnya privat yang tidak semua orang bisa mengaksesnya. VPN Menghubungkan PC dengan jaringan publik atau internet namun sifatnya privat, karenabersifat privat maka tidak semua orang bisa terkoneksi ke jaringan ini dan mengaksesnya. Oleh karena itu diperlukan keamanan data.

Pemanfaatan IT:
Alat bantu Administratif:
Telepon, fax, komputer, printer, scanner, database, sistem informasi, jaringan LAN /Internet
Surat -menyurat. Jarang yang menggunakan mesin ketik lagi jika IT diambil, proses administratif terganggu.
Alat Bantu Pendidikan:
Membantu memberikan mata kuliah (delivery tools)
Harga CD-ROM lebih murah dari kertas!
Harga CD-ROM kosong Rp 3000,- vs 30 (sd 50) halaman fotocopy
Sayang alat baca CD-ROM masih berbentuk komputer yang relatif mahal harganya
Alat Bantu Penelitian
- Kolaborasi peneliti via e-mail, mailing list.
- Koleksi makalah, journal, karya ilmiah.
- Situs Citeseer untuk mencari makalah di bidang ilmu komputer.
- Digital library dari IEEE & ACM.
- Mempermudah akses ke sumber informasi. Bandingkan dengan interlibrary loan    (lamadan mahal).
- Seminar, konferensi menggunakan email sebagai metoda untuk pengiriman   makalah.
Defenisi Konvergensi Media:
Konvergensi media adalah penggabungan atau pengintegrasian media-media yang ada untuk digunakan dan diarahkan kedalam satu titik tujuan. Konvergensi media biasanya merujuk pada perkembangan teknologi komunikasi digital yang dimungkinkan dengan adanya konvergensi jaringan.
Konvergensi jaringan adalah koeksistensi efisien telepon, video dan komunikasi data dalam satu jaringan. Penggunaan beberapa mode komunikasi dalam jaringan tunggal menawarkan kenyamanan dan fleksibilitas bukan tidak mungkin dengan prasarana yangterpisah.

Konsep Jejaring Sosial
Sejarah dan defenisi:
Situs jejaring sosial merupakan sebuah web berbasis pelayanan yang memungkinkan penggunanya untuk membuat profil, melihat list pengguna yang tersedia, sertamengundang atau menerima teman untuk bergabung dalam situs tersebut. Tampilan dasar situs jejaring sosial ini menampilkan halaman profil pengguna, yang di dalamnya terdiri dari identitas diri dan foto pengguna.

Beberapa jenis jejaring sosial yang terkenal saat ini adalah :
1. Facebook ( http://www.facebook.com )
2. Twitter (www.twitter.com )
3. Kaskus ( http://www.kaskus.com )
4. Friendster ( http://www.friendster.com )
5. Kill Hannah Kollective ( http://www.killhannahkollective.org )
6. Yahoo Messenger ( http://www.messenger.yahoo.com )
7. Yahoo Koprol ( http://www.koprol.com )
8. Plurk ( http://www.plurk.com )
9. My Space ( http://www.myspace.com )
10. Flickr ( http://www.flickr.com )
Dan lain-lain.

Di Indonesia situs – situs jejaring sosial sangat cepat berkembang karena kemajuanteknologi dan internet berkembang begitu cepat juga. Jejaring social menjadi gaya hidupdan bahkan telah menjadi kebutuhan sehari – hari. Bahkan ada yang menganggap jikatidak mempunyai akun jejaring sosial akan dianggap ketinggalan jaman.
Dampak Positif dan Negatif:
Banyak keuntungan yang bisa di dapat dari jejaring sosial. Keberadaan situs jejaring sosial ini memudahkan kita untuk berinteraksi dengan mudah dengan orang-orang dari seluruh belahan dunia dengan biaya yang lebih murah dibandingkan menggunakan telepon. Selain itu, dengan adanya situs jejaring sosial, penyebaran informasi dapat berlangsung secara cepat. Bertemu dengan teman – teman lama. Bahkan untuk mencariuang, seperti menjual barang melalui bisnis online, iklan produk dan jasa, serta mempromosikan sesuatu.
Jejaring sosial juga membantu para fans artis, musik olahraga dan lainnya untuk selalu update tentang kegiatan idola mereka, atau membuat suatu komunitas – komunitas sosial yang dapat mempertemukan banyak orang dimanapun berada dan saling bertukar informasi.
Jejaring sosial juga bisa untuk menunjukan bakat – bakat kita melalui video – video,foto, rekaman suara atau tulisan yang kita unggah ke profil kita yang dapat di lihat banyak orang.
Jejaring sosial juga dapat untuk menarik simpati dan empati banyak orang seperti yangdi lakukan para politisi dalam berkampanye atau untuk masalah social seperti “KoinUntuk Prita”.
Tetapi setiap ada keuntungan pasti ada kerugiannya. Kemunculan situs jejaring sosialini menyebabkan interaksi interpersonal secara tatap muka (face-to-face) cenderung menurun. Orang lebih memilih untuk menggunakan situs jejaring sosial karena lebih praktis. Di lain pihak, kemunculan situs jejaring sosial ini membuat anak muda tidak dapat tidak mengakses internet. Dalam kadar yang berlebihan, situs jejaring sosial ini secara tidak langsung membawa dampak negatif, seperti kecanduan (addiksi) yang berlebihan dan terganggunya privasi seseorang.
Dampak jejaring sosial bagi anak di bawah umur lebih mengkawatirkan. Banyaknya anak-anak yang tertarik dengan jejaring sosial mengarahkan mereka kepada para pemangsa sex dalam dunia maya itu (cybersex criminal). Mereka (cybersex criminal) mengetahui/mendapatkan informasi mengenai keberadaan korban (anak-anak) berdasarkan informasi yang mereka pasang dalam situs jejaring sosial. Beberapa dari para cybersex criminal tanpa ragu untuk menanyakan langsung keinginannya agar dapat bertemu langsung dalam dunia nyata dan cybersex criminal tersebut juga tidak segan-segan menanyakan status kewanitaan korban.

Konsep Podcasting
Defenisi:
Istilah “podcasting” pertama kali muncul dalam sebuah karangan artikel oleh BenHammersley di surat kabar The Guardian pada Februari 2004, bersama dengan istilah lain yang diusulkan untuk menamakan teknologi baru ini. “Podcast” merupakan lakurankata “pod” — “playable on demand” (dimainkan atas permintaan), yang kelakdigunakan Apple Computer (sekarang Apple) untuk merek pemutar-media-saku(portable media player) iPod — dan “broadcasting” (penyiaran). Nama ini dapat menyesatkan, karena siniar dapat digunakan tanpa iPod, atau bentuk pemutar-media-saku lain; isi-kandungannya dapat diperoleh dengan komputer yang dapat memainkan berkas media. Penggunaan istilah “podcast” mendahului adanya dukungan asal (nativesupport) untuk layanan siniar bagi iPod, atau perangkat lunak Apple iTunes. Untuk menghindari keterkaitannya dengan istilah “iPod”, beberapa orang memakai istilah”netcast” sebagai pengganti “podcast”, seperti siniarwan (podcaster) TWiT.tv LeoLaporte. Singkata balik (backronym) telah diusulkan supaya “podcast” dapat diuraikan sebagai “personal on demand broadcast” (penyiaran atas permintaan pribadi).

Manfaat:
Ada banyak manfaat dari Podcasting yang dapat Anda terima jika Andamenggunakannya sebagai salah satu pemasaran dan alat komunikasi:

Meningkatkan visibilitas situs Anda
Audiens target Anda akan dapat menemukan situs Anda lebih mudah ketika Anda daftarpodcast Anda di direktori podcast yang tersedia. Visibilitas untuk situs Anda akanmeningkat sangat. Demikian pula, mesin pencari akan dapat menemukan podcast Andalebih mudah juga.
Menyediakan alat komunikasi bisnis yang efektif
Salah satu manfaat penting dari Podcasting adalah kenyataan bahwa itu benar-benarmenyediakan alat komunikasi tambahan untuk bisnis online Anda. Orang-orang akandatang untuk tahu tentang situs Anda. Apa yang telah ditulis dan ditawarkan di situsAnda akan bisa mendapatkan kredibilitas Anda sebagai seorang penulis ahli di bidangAnda.

Memberikan kesempatan untuk memberikan nilai tambah menawarkan
Podcasting memungkinkan Anda untuk memberikan nilai tambah menawarkan dalamformat audio. Ini akan mempertahankan kepentingan pembaca dan pelanggan samaseperti mereka akan senang dengan tawaran ini. Mereka dapat kembali ke situs Andauntuk podcast mingguan “Pilihan Hot Tips untuk minggu ini”, ini akan menjadi favoritpanas bagi mereka dalam perdagangan opsi.
Menyediakan retensi memori yang lebih baik
Podcasting melibatkan melihat, mendengar dan mengalami. Jika digabungkan,memberikan hasil terbaik untuk retensi memori sekitar 75% untuk rata-rata orang. Inimenyimpulkan bahwa pesan audio pasti lebih berkesan dari hanya teks biasa. Retensimemori adalah salah satu manfaat lebih penting bisa Anda dapatkan dari Podcasting.
Menyediakan kemudahan penggunaan
Podcast Anda dapat dengan mudah diputar pada pemutar MP3 portabel. Orang akandapat mendengarkan podcast Anda di mana saja dan kapan saja. Podcasting membuatmendengarkan pesan Anda begitu mudah, tanpa rewel.

Memberikan kesempatan untuk peningkatan lalu lintas
10. Jika podcast Anda berisi konten yang besar, mereka akan mengarahkan lalu lintas kesitus Web Anda. Hal ini akan menciptakan dampak pada penjualan Anda dan garisbawah. Konten Anda juga harus informatif, menarik, dan harus selalu menyediakan nilainyata bagi pendengar Anda. Melalui Podcasting, Anda juga dapat berkomunikasidengan audiens target Anda.
Podcasting adalah trend komunikasi terbaru dengan pemasar di web. Ia menawarkanjangkauan menguntungkan untuk jutaan pendengar yang pelanggan potensial.Kemungkinan pemasaran banyak. Podcasting adalah sekarang rute emas untuk memilih,dan tidak harus dibiarkan keluar sebagai salah satu pemasaran dan alat komunikasi.

Konsep RSS
Kita pasti sering mendengar kata atau istilah RSS. RSS biasanya sering dilambangkan dengan icon seperti di samping. Apa itu RSS? RSS adalah singkatan dari istilah yangmerujuk pada beberapa protokol:
Really Simple Syndication ( RSS 2.0 )
RDF Site Summary ( 0.9 dan 1.0 )
Rich Text Summary ( 0.91 )

Defenisi:
RSS adalah suatu teknologi dalam dunia web yang dibangun untuk mempermudah kitauntuk membaca ataupun berlangganan konten (isi/artikel) dari suatu situs/web/blog.RSS merupakan versi sederhana dari halaman web yang berisikan hanya konten artikelsaja, tanpa adanya fitur-fitur lain seperti widget, iklan, CSS, ataupun javascript.
Manfaat:
RSS biasanya digunakan secara luas di website yang menyediakan konten yang dinamisdan terupdate secara berkala, seperti halnya blog, portal berita, dan lain-lain.
RSS digunakan secara luas oleh komunitas weblog untuk menyebar ringkasan tulisanterbaru di jurnal, kadang-kadang juga menyertakan artikel lengkap dan bahkan gambardan suara. RSS digunakan pada hampir semua situs berita atau weblog, dengan berbagaitujuan termasuk: pemasaran, press release, laporan reguler produk, atau aktivitas lainyang membutuhkan pemberitahuan periodik dan tentunya publikasi.
Manfaat yang diperoleh dengan adanya RSS adalah pembaca sangat dimudahkan dalammengetahui update terbaru suatu website tanpa perlu mengunjungi alamat websitetersebut, karena pembaca hanya butuh untuk berlangganan pengumpan (feed) dariwebsite tersebut.
Beberapa website atau blog hanya menyediakan umpan RSS berupa beberapa bariskalimat atau ringkasannya saja, namun ada juga yang menyediakan umpan berupaartikel penuh, tergantung tujuan dari masing-masing pengelola website tersebut.

Konsep IPTV
Definisi IPTV:
IPTV adalah suatu layanan multimedia yang terdiri atas programtelevisi, video (gambarbergerak), audio (suara), tulisan (text),graphics (gambar diam) dan data yang disalurkanke pelangganmelalui suatu jaringan tertutup yang berbasis IP.
IPTV bukan sekedar siaran TV yang disalurkan melalui internet dandapat diakses olehsiapa saja, tanpa adanya jaminan-jaminan daripenyelenggara.
Penyelenggara IPTV menjamin pelanggan atas kualitas (QoS/QoE),keamanan (security),kemampuan berinteraktif dan keandalan darilayanan yang disalurkan olehpenyelenggara IPTV sampai layanantersebut diterima oleh pelanggan-pelanggan
Dalam layanan IPTV, semua aktivitas layanan baik video ataupun
“interaktif melalui platform IP”disalurkan ke pelanggan dengansuatu “jaringan tetapbroadband” (fixed broadband network) xDSLatau FTTH yang dapat dinikmati olehpelanggan melalui suatupesawat TV standar dengan IP-STB.
IPTV vs Internet:
IPTV
- Closed system, kualitas layanan terjamin(managed QoS).
- Video konten dikirim hanya kepadapelanggan (known subscriber) Pengiriman melaluiIP packets sampaidengan pelanggan (end customer).
- Dikirim melalui infrastruktur jaringan milik service provider.
- Sesuai dengan jangkauan jaringan yang dimilikinya.
- Umumnya menggunakan IP-STB digitaluntuk mengakses dan pengkodeanlayanankonten.Menggunakan PC, software yangdigunakan tergantung formatkonten.
- Biaya
- Video konten dibuat oleh perusahaan profesional, jumlahnya terbatas.

Internet TV
- Open system, kontrol kualitas layanan tidak dijamin (BestEffort QoS).
- Video konten dikirim kepada siapapun Pengiriman melalui IP packets sampai internetcloud sendiri.
- Dikirim dan diterima melalui public internet yang melibatkanbanyak pihak.
- Tidak ada batasan wilayah, dimanapun ada akses internet.
- Umumnya menggunakan PC, software yang digunakan tergantung format konten.
- Gratis


- Video konten bisa dibuat siapapun, jumlah kontennya tidak terbatas.

0 komentar:

Posting Komentar